selamat datang

Sabtu, 11 September 2010

Saat Hidangan Lebaran Tak Lagi Menggoda

Duh.. opor lagi.. rendang lagi.. sambel goreng kentang lagi.. sambel goreng hati lagi.. @_@ Waw.. cheese stick lagi.. kaastengels lagi.. bolu lagi.. sirup manis lagi.. minuman kaleng lagi.. @_@ oh my.. oh my.. it's so wow !!

Senang sih awalnya, semangat makan di hari raya lebaran. Menikmati menu lebaran yang gurih dan lezat.  Melahap cemilan-cemilan yang super enak. Tapi lama-lama.. eneg juga ya.. Kalau udah gini langsung bongkar persediaan di kulkas. Pasti mama saya menyediakan stok leunca, cengek (cabe rawit),  bonteng (mentimun), dan surawung (kemangi) hahay langsung bikin karedok leunca anu lada matak seger, goreng tahu, goreng ikan asin jambal atau ikan asin kere (tergantung stok), cari kerupuk aci di warung. Haha kalau warung belum buka, cukup pakai kerupuk udang atau emping aja yang memang tersedia sebagai menu lebaran.

Berhubung hari kedua lebaran tahun ini ga ada yang jualan tahu bandung di sekitar rumah saya, jadi pake tahu jepang aja. Tapi aneh rasanya.. Hehe tahu bandung is the best lah..

Siap-siap makaaan.. srluupp.. nom.. nom.. Ini lebih lezat dari pada hidangan lebaran. Kepulan sangu akeul panas menggugah selera. Loh kok nambah lagi nambah lagi yaaa.. Makannya kok jadi lebih banyak ya.. Ckck.. Justru ini yang bikin gendut.


Ini memang menu favoritos saya dan keluarga saat dilanda kebosanan dengan makanan apa pun. Karedok, ikan asin, dan nasi panas jadi menu yang praktis untuk membangkitkan kembali selera makan kami. Mau mencobanya? Hehe ini resep karedok leunca atau pencok leunca.

Bahan-bahan:
  1. Leunca 100 gram
  2. Surawung secukupnya
  3. Cengek (cabe rawit hijau) sesuai selera
  4. Cikur (kencur) 1 cm
  5. Terasi matang sesuai selera
  6. Garam dan gula merah secukupnya
Cara membuat:
  1. Haluskan garam, cengek, cikur, terasi, gula merah dengan coet dan mutu (lumpang alu).
  2. Masukan surawung dan leunca lalu ulek rata. Jangan terlalu halus menguleknya.
  3. Karedok leunca siap disantap.


     Selamat mencoba.. Semoga anda suka.. ;)

    5 komentar:

    1. kamu jadi chef skrg mi...mau nyaingin fq kamu teh...ckckck...mau coba dong ;p

      BalasHapus
    2. oiya dong.. queen mia mo nyaingin farah quinn.. enak dong masakan aku.. resep di blog ini sudah terbukti dan teruji secara klinis di dapur.. haha

      BalasHapus
    3. queen mia,,jadwal syuting buat season 3 ala(y) chef siap dimulai, hehe..

      BalasHapus
    4. oke deh kaka.. tunggu tanggal mainnya di ala chef queen mia.. this is it..

      BalasHapus